BREAKING NEWS

Tutorial Streaming

Pemilu 2014

Off Air Show

7 Aug 2013

Calon Haji Berangkat 22 September

Jemaah calon haji dari Kalimantan Barat dibagi dalam lima kloter, yakni 14, 15, 16, 17, dan 18. Mereka yang tergabung dalam kloter 14 berangkat dari Pontianak menuju Batam pada 22 September mendatang, kemudian diikuti kloter selanjutnya.
”Kloter 14 akan menginap di Batam, dan pada 23 September akan berangkat menuju Madinah,” ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Wilayah Kalbar, Abdul Rojak di ruang kerjanya, Kamis (1/8).

Abdul Rojak menjelaskan jemaah calon haji dalam kloter 14 ini berasal dari Kubu Raya sebanyak 225 orang, Kota Pontianak 73 orang, dan satu Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), sehingga totalnya sebanyak 299 orang. Mereka akan digabung dengan 146 jemaah calon haji dari Provinsi Riau.

”Jadi dalam satu kloter tersebut ada 445 orang jemaah ditambah lima petugas. Keberangkatan dari Pontianak dalam satu hari sebanyak tiga kali menggunakan Sriwijaya,” kata Abdul Rojak.

Kloter 15 terdiri atas 235 jemaah calon haji dari Sambas, 80 orang dari Kota Pontianak, 85 orang dari Sanggau, 44 orang dari Sekadau, dan satu TPHD. Mereka berangkat ke Batam pada 23 September 2013 dan berangkat ke Madinah keesokan harinya. Kloter 16 terdiri atas 75 jemaah calon haji dari Singkawang, 101 orang dari Sintang, 76 orang dari Melawi, 93 orang dari Kota Pontianak, 95 orang dari Kapuas Hulu, dan satu TPHD. Mereka berangkat menuju Batam pada 24 September dan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, keesokan harinya. Kloter 17 terdiri atas 134 jemaah calon haji dari Kabupaten Pontianak, 185 orang dari Ketapang, 55 orang dari Kayong Utara, 70 orang dari Kota Pontianak, dan satu TPHD. Mereka berangkat menuju Batam pada 25 September dan menuju Jeddah pada 26 September.

Kloter 18 terdiri atas 46 jemaah calon haji dari Bengkayang, 39 orang dari Landak, dan 140 orang dari Kota Pontianak, serta 1 TPHD. Mereka berangkat dari Kota Pontianak pada 16 September 2013 dan keesokkan harinya diberangkatkan menuju Jeddah.

Abdul Rojak menjelaskan jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 14 dan 15 diberangkatkan dari Batam menuju Madinah. Sedangkan yang tergabung dalam kloter 16, 17, dan 18 diberangkatkan menuju Jeddah. ”Mereka yang menuju Madinah akan melaksanakan ziarah ke makam nabi dulu, kemudian menjalankan ibadah haji. Sedangkan yang menuju Jeddah, selesai ibadah haji baru melaksanakan ziarah makan,” jelas Abdul Rojak.

Abdul Rojak mengungkapkan persiapan dari Kementerian Agama Kalbar terhadap keberangkatan jemaah calon haji berjalan lancar. Paspor jemaah tersebut telah dikirim ke Jakarta. ”Data terakhir, jemaah calon haji yang berangkat sebanyak 1.860 orang ditambah 21 petugas,” katanya.

Saat ini, lanjut Abdul Rojak, pihaknya masih menunggu visa dan kemudian membuat Dokumen Administrasi Perjalanan Ibadah Haji. Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui lokasi menginap jemaah calon haji asal Kalbar di Arab Saudi.

”Kami juga sedang menunggu koper haji. Diharapkan awal Agustus ini bisa datang. Koper haji ini pemberian dari Saudi Arabia Airlines,” katanya.

Abdul Rojak mengimbau jemaah calon haji menjaga kesehatannya, mengingat jadwal keberangkatan sekira sebulan lagi. Semua obat-obatan yang diperlukan harus disiapkan dengan baik dan dibawa. Jemaah calon haji juga harus meningkatkan pemahaman tentang ibadah haji.


”Jangan membawa barang-barang yang dilarang seperti kecap, minyak goreng, korek api, gunting, dan lainnya. Nanti semuanya akan diperiksa. Semua barang-barang tersebut ada dijual di sana,” ungkapnya.



Post a Comment

 
Copyright © 2010-2014 Smansa Pontianak Online Radio | One Almamater One Radio!
Powered byBlogger